SELAMAT MENYELAMI HATI

Rebah,rapuh,terbang,apung, apa saja...

kuingin segala itu hadir dan tidak sia-sia,

seperti hadirnya kita tanpa sua.



SELAMAT MENYELAMI HATI

Rabu, 01 Desember 2010

PAKAIAN KESOMBONGAN

CATATAN HATI:
                           Pakaian Kesombongan



Kesombongan adalah salah satu penyakit hati dari orang-orang yang merasa dirinya “paling”. Paling cantik, paling cerdas, paling kaya, padahal kata “paling” tidak akan pernah akan ada habisnya, karena diatas langit selalu masih ada langit hingga akhir langit menuju kepada yang  PALING.

Saat pakaian kesombongan digunakan, maka cara pandang kita kepada orang lain cenderung menghina dan merendahkan, disadari atau tidak pakaian kesombongan akan menimbun kita dalam lorong menuju pintu neraka karena doadoa orang yang merasa sakit hati dan terdzolimin pasti di ijabah.

Saat seseorang berkata “aku selalu membantu dengan tulus dan ikhlas tapi tolong lakukan yang sama untukku” maka otomatis ke-ikhlasan dan ketulusannya akan gugur, karena ketulusan dan keikhlasan tidak mengharapkan apapun, justru dengan mengungkapkan segala hal yang kita pernah lakukan untuk orang lain secara langsung juga kita mengatakan kesombongan diri kita, apalagi jika kita merasa setiap orang yang kita bantu mempunyai hutang budi yang harus dibayar dengan segala bentuk penghormatan pada diri kita, semua hal di dunia ini tidak ada satupun yang milik kita, hanya pinjaman dan titipan, jika ada sebagian rejeki orang lain yang dititipkan Allah melalui kita tandanya bukan diri kita yang berjasa pada mereka tapi itu semua atas kehendak Allah.

Jika dirimu merasa bahwa ; atas apa yang telah kuberikan maka dirimu harus tunduk kepadaku, bahwa aku boleh sesuka hatiku mengatakan apapun kepadamu, aku boleh menyakiti hatimu, aku boleh menghinamu, aku boleh menginjak-injak harga dirimu, maka bersiap-siaplah karena atas apa-apa yang kau punya adalah milik Allah maka Allah berhak untuk melakukan apapun atas dirimu, Karena Allah paling membenci orang yang sombong.

Padahal kalau mau bercermin, apa sih yang kau punya??
Nabi Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadist  “Di dalam tubuhmu ada segumpal daging, yang apabila ia baik, maka akan baik pula jasadmu, dan apabila dia buruk, maka akan buruk pula jasadmu (Moral), segumpal daging itu adalah Hati.”

Aku bintang paling tinggi diangkasa
Namun,
Di langit kulihat langit
Lalu aku kerdil
Aku kecil
Aku hanya sementara

1 komentar:

  1. somse....yang sudah menjadi penyakit hati...itu namanya TAKABUR. Segera sadar sebelum Allah murka dan memberi azab yang memedihkan...!

    ehemm.. catatan hati dari hati dan untuk hati-hati...intropeksi.

    BalasHapus